Selasa 16 Oktober 2018 | 5 Safar 1440 H | 04:24:13
IP Anda : 54.196.26.1
 
 
LHKPN dan LHKASN cegah potensi tindak Pidana Korupsi
Gedung kantor tempat memberikan aktivitas pelayanan dimulai
LAPORKAN DUGAAN PELANGGARAN MAUPUN KETIDAKPUASAN PELAYANAN APARAT PERADILAN
AfrikaansArabicChinese (Simplified)CzechDutchEnglishFrenchHindiIndonesianJapaneseRussianSpanishYiddish

ARSIP DOKUMEN

Terbaru
Laporan Tahunan/Akuntabilitas
  • LKjIP PTA KENDARI TAHUN 2015
    Secara umum dapat disimpulkan bahwa dari enam sasaran strategis yang ditetapkan dalam Penetapan/Perjanjian Kinerja Tahun 2015,…
  • LAPORAN TAHUNAN TAHUN 2015
    Penyusunan Buku Laporan Tahunan 2015 ini disusun berdasarkan Surat dari Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor 525-1/SEK/KU.01/XII/2015…
  • LAKIP PTA Kendari Tahun 2014
    Laporan Akuntablitas Kinerja Instansi Pemerintah satuan kerja Pengadilan Tinggi Agama Kendari Tahun Anggaran 2014
  • Laporan Tahunan PTA Kendari TA 2014
    Laporan Pelaksanaan Tugas Pokok dan Fungsi Pengadilan Tinggi Agama Kendari dalam kurun waktu tahun 2014, baik…
  • LAKIP PTA Kendari TA 2013
    Laporan Akuntablitas Kinerja Instansi Pemerintah satuan kerja Pengadilan Tinggi Agama Kendari Tahun Anggaran 2013
Laporan Keuangan
Laporan Inventaris/BMN
Laporan Kepegawaian
Laporan Perkara
E-book

:: DETAIL

DISKUSI HUKUM DI PA KOLAKA RESMI DIBUKA KPTA SULAWESI TENGGARA

Ketua PTA Sulawesi Tenggara Dr. H. Muslimin Simar, SH., MH. membuka acara Diskusi Hukum dan Bedah Berkas Pengadilan Agama wilayah daratan Lingkup PTA Sultra yang digelar oleh Pengadilan Agama Kolaka (26/3/18) 

 

Kolaka – Senin (26/3/18) Pukul 19.45 WITA, Ketua PTA Sulawesi Tenggara Dr. H. Muslimin Simar, SH., MH. secara resmi membuka Diskusi Hukum dan Bedah Berkas yang digelar oleh PA Kolaka. Diskusi Hukum dan Bedah Berkas mengusung tema “Penguatan Fungsi Pola Bindalmin dan Teknologi Informasi Dalam Penyelesaian Perkara di Pengadilan Agama”.

 

Dalam sambutannya, KPTA Sultra mengharapkan agar Diskusi Hukum dan Bedah Berkas yang digelar dapat berkontribusi positif terhadap peningkatan kemampuan tenaga teknis yudisial di wilayah PTA Sultra dalam menerima, memeriksa dan memutus perkara secara profesional.

 

Pada Diskusi Hukum kali ini, Panitia menghadirkan WKPTA Sultra H. Cholidul Azhar, SH., M.Hum. sebagai pemateri. Satu – satunya Hakim di wilayah PTA Sultra yang memegang SK Hakim Ekonomi Syariah ini, memaparkan materi berjudul “Kompetensi Absolut Pengadilan Agama Dalam Menyelesaikan Perkara Sengketa Ekonomi Syariah”.

 

Menurut WKPTA, tujuan pemilihan materi ini adalah untuk sosialisasi kepada masyarakat awam tentang wewenang peradilan agama dalam menyelesaikan sengketa ekonomi syariah. Ia mengharapkan, dengan materi ini, kapasitas tenaga teknis yudisial dalam menyelesaikan sengketa ekonomi syariah meningkat. Utamanya para hakim.

 

WKPTA memaparkan dasar hukum dan latar belakang munculnya wewenang Pengadilan Agama dalam menyelesaikan perkara ekonomi syariah. Selain mengulas dari segi hukum positif ekonomi syariah yang berlaku di Indonesia, WKPTA pun mengulas hukum ekonomi syariah dari segi fiqih (hukum islam).

 

Wakil Ketua PTA Sulawesi Tenggara H. Cholidul Azhar, SH., M.Hum. saat memaparkan materi pada Diskusi Hukum dan Bedah Berkas Pengadilan Agama wilayah Daratan Lingkup PTA Sultra yang digelar Pengadilan Agama Kolaka (26/3/18)

 

Disamping itu, WKPTA juga menjelaskan beragam prinsip prinsip dan produk ekonomi syariah serta praktek – praktek eknomi syariah di Indonesia.

 

Pemateri menyampaikan materinya secara menarik. Sehingga sepanjang acara para peserta diskusi hukum fokus menyimak materi yang dipaparkan oleh WKPTA. Terbukti, banyak pertanyaan yang diajukan oleh peserta yang mewakili unsur akademisi dan praktisi notaris.

 

Diskusi Hukum diikuti oleh seluruh tenaga teknis yudisial PTA dan PA wilayah Daratan di lingkungan PTA Sulawesi Tenggara. Sejumlah tamu undangan juga tampak hadir mengikuti Diskusi Hukum. Diantaranya, perwakilan Majelis Ulama Indonesia Kolaka, perwakilan Notaris, perwakilan Advokat, perwakilan Akademisi, serta perwakilan Perbankan Syariah.

 

Diskusi Hukum berakhir pukul 22.00 WITA setelah sesi tanya jawab yang berlangsung menarik. Kemudian, para peserta yang terdiri dari tenaga teknis pengadilan agama wilayah daratan lingkup PTA Sultra mengikuti acara Bedah Berkas sesi pertama yang dimulai pukul 22.15 hingga 00.15 WITA. (t.rom)