Kamis 15 Nopember 2018 | 6 Rabiul Awwal H | 00:46:50
IP Anda : 54.163.20.57
 
 
LHKPN dan LHKASN cegah potensi tindak Pidana Korupsi
Gedung kantor tempat memberikan aktivitas pelayanan dimulai
LAPORKAN DUGAAN PELANGGARAN MAUPUN KETIDAKPUASAN PELAYANAN APARAT PERADILAN
AfrikaansArabicChinese (Simplified)CzechDutchEnglishFrenchHindiIndonesianJapaneseRussianSpanishYiddish

ARSIP DOKUMEN

Terbaru
Laporan Tahunan/Akuntabilitas
  • LKjIP PTA KENDARI TAHUN 2015
    Secara umum dapat disimpulkan bahwa dari enam sasaran strategis yang ditetapkan dalam Penetapan/Perjanjian Kinerja Tahun 2015,…
  • LAPORAN TAHUNAN TAHUN 2015
    Penyusunan Buku Laporan Tahunan 2015 ini disusun berdasarkan Surat dari Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor 525-1/SEK/KU.01/XII/2015…
  • LAKIP PTA Kendari Tahun 2014
    Laporan Akuntablitas Kinerja Instansi Pemerintah satuan kerja Pengadilan Tinggi Agama Kendari Tahun Anggaran 2014
  • Laporan Tahunan PTA Kendari TA 2014
    Laporan Pelaksanaan Tugas Pokok dan Fungsi Pengadilan Tinggi Agama Kendari dalam kurun waktu tahun 2014, baik…
  • LAKIP PTA Kendari TA 2013
    Laporan Akuntablitas Kinerja Instansi Pemerintah satuan kerja Pengadilan Tinggi Agama Kendari Tahun Anggaran 2013
Laporan Keuangan
Laporan Inventaris/BMN
Laporan Kepegawaian
Laporan Perkara
E-book

:: DETAIL

PIMPINAN PTA SULAWESI TENGGARA TEKANKAN PENTINGNYA WASBIN ATASAN LANGSUNG

WKPTA Sulawesi Tenggara (kedua dari kiri) bersama KPTA (kedua dari kanan) didampingi Panitera (ujung kiri) dan Sekretaris (ujung kanan) saat menyampaikan Pembinaan Akhir Tahun (14/12/17)

 

Kendari – Pengadilan Tinggi Agama Sulawesi Tenggara kembali menggelar Rapat Pembinaan berkala. Pembinaan dibungkus dengan agenda Rapat Pembinaan Akhir Tahun dan Sosialisasi Implementasi SIPP versi terbaru. Kegiatan digelar di Ruang Sidang KH. Hamza Mappa, Kamis (14/12/17), pukul 09.00 WITA.

 

Menurut KPTA Sultra Dr. H. Muslimin Simar, SH., MH. rapat pembinaan ini merupakan pelaksanaan amanat Maklumat Ketua Mahkamah Agung Nomor 01/Maklumat/KMA/IX/2017. Maklumat ini mengatur tentang Pengawasan dan Pembinaan Hakim, Aparatur Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di bawahnya.

 

Selain menyampaikan hasil pembinaan oleh Ketua Mahkamah Agung, Ketua Kamar Peradilan Agama dan Dirjen Badan Peradilan Agama di Makassar beberapa waktu lalu, Muslimin Simar juga menyampaikan beberapa hal berkaitan dengan tugas – tugas yang harus diselesaikan segera pada akhir tahun. Diantaranya penilaian prestasi kinerja pegawai, minimalisasi sisa perkara dan perencanaan bedah berkas/diskusi hukum untuk tahun 2018.

 

KPTA Sultra mengistruksikan agar Pembinaan Berkala di Pengadilan Agama sewilayah dan di PTA dilaksanakan secara terjadwal serta diawali dengan Pembinaan setiap bidang. Nantinya, hasil pembinaan dari tingkat pertama akan disinergikan dengan Pembinaan di tingkat banding. Ia memberi deadline, untuk tingkat pertama Pembinaan berkala paling lambat dilaksanakan tanggal 9 atau 10 setiap bulan. Sedang untuk PTA, paling lambant tanggal 16 atau 17 per bulan.

 

Pada kesempatan yang sama, WKPTA H. Cholidul Azhar, SH., M.Hum. mengingatkan pentingnya Pengawasan dan Pembinaan Atasan Langsung. Wasbin atasan langsung ini telah diatur melalui Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 8 Tahun 2016.

 

Peserta Rapat Pembinaan Akhir Tahun tampak tekun menyimak Pembinaan yang disampaikan oleh Pimpinan PTA Sulawesi Tenggara (14/12/17)

 

Beleid tersebut terbit lebih dahulu dibanding Maklumat Ketua Mahkamah Agung. Menurut WKPTA, hal ini menunjukkan konsen Mahkamah Agung terhadap pentingnya Pengawasan dan Pembinaan Atasan langsung.

 

Menurut WKPTA, berdasarkan Pasal 1 Perma Nomor 8 Tahun 2016, terdapat 3 (tiga) kegiatan Pengawasan dan Pembinaan. Pertama, Wasbin oleh atasan langsung. Kedua, Pengawasan melekat. Ketiga, pengawasan fungsional atau pengawasan eksternal.

 

Terdapat dua kewajiban atasan langsung yang diatur dalam Pasal 2 Perma Nomor 8 Tahun 2016. Pertama, melaksanakan Wasbin atas pelaksanaan tugas dan perilaku bawahannya didalam dan diluar kedinasan secara terus menerus. Kedua, mengupayakan sistem kerja berdasarkan kewenangan yang dimiliki sehingga pelaksanaan tugas berjalan dengan baik.

 

Apabila atasan langsung tidak melakukan kewajibannya melakukan Wasbin, maka berdasar Pasal 9 Perma Nomor 8 Tahun 2016, atasan langsung dapat dikenakan sanksi administratif yang bersifat ringan, sedang dan berat.

 

Pada akhir pemaparannya, WKPTA mengingatkan peserta rapat pembinaan untuk mematuhi aturan Wasbin Atasan Langsung. ”Ini sudah jadi Perma. Suatu saat kita tidak boleh terkaget – kaget saat kita diberhentikan dari jabatan. Karena aturannya sudah ada. Jadi, aturan – aturan ini harus diketahui oleh semua pejabat struktural dan setiap atasan langsung. Tidak hanya level pimpinan. Tapi seluruh atasan pejabat struktural sebagai atasan langsung”, tutup Cholidul Azhar. (t.rom)

Data yang disajikan disini adalah data dari Sistem Informasi Administrasi Perkara Pengadilan Agama pada portal http://infoperkara.badilag.net


Putusan Banding

Putusan Banding Tahun 2015

Putusan yang dipublikasi pada website ini adalah putusan yang telah melalui proses anonimasi (pengaburan) identitas para…

Putusan Banding Tahun 2014

Putusan Banding Tahun 2013

Putusan Banding Tahun 2012

Putusan Banding Tahun 2011

 

Laporan Perkara

LAPORAN KEADAAN PERKARA BULAN JULI TAHUN 2015

Surat Ketua  Pengadilan Tinggi Agama Kendari Nomor : W21-A/645/OT.01.2/VII/2015 Tanggal 31 Juli 2015 Tentang Laporan Keadaan…

Laporan Perkara Tahun 2015

Perkara Banding yang ditangani Tahun 2014

Keadaan Perkara Tingkat Pertama Pada Pengadilan Agama…

Keadaan Perkara Tingkat Pertama Pada Pengadilan Agama…

 

Kepegawaian

Data Statistik Sumber Daya Manusia Tahun 2014

SUMBER DAYA MANUSIA Sumber Daya Manusia yang efektif dan efisien merupakan aset berharga bagi institusi, sebagai…

Data Statistik Kepegawaian Tahun 2013

Data Statistik Kepegawaian Tahun 2012

Data Statistik Kepegawaian Tahun 2011

Data Statistik Kepegawaian Tahun 2010

 
 

Aset Pengadilan

Penatausahaan Sarana dan Prasarana Kantor tahun 2013

Penatausahaan Sarana dan Prasarana Kantor Kegiatan penatausahaan sarana dan prasarana kantor di Pengadilan Tinggi Agama Kendari,…

Rekapitulasi Aset / Inventaris se-wilayah PTA Kendari…

Pengelolaan Sarana dan Prasarana Tahun 2011

Pengelolaan Sarana dan Prasarana Tahun 2010

Rekapitulasi Aset / Inventaris se-wilayah PTA Kendari…

 

DIPA / APBN

 

Realisasi Anggaran

 
Powered by yudhi.tc@gmail.com @2013
Render time: 0.0850 Memory: 5.97MB
| Hari ini : 96 Bulan ini : 41,777 Tahun ini : 820,172 Total 6,714,581 Hit Kunjungan    RSS | Site Map | Facebook | Admin