Jum'at 21 September 2018 | 10 Muharram 1440 H | 15:06:38
IP Anda : 54.80.96.153
 
 
LHKPN dan LHKASN cegah potensi tindak Pidana Korupsi
Gedung kantor tempat memberikan aktivitas pelayanan dimulai
LAPORKAN DUGAAN PELANGGARAN MAUPUN KETIDAKPUASAN PELAYANAN APARAT PERADILAN
AfrikaansArabicChinese (Simplified)CzechDutchEnglishFrenchHindiIndonesianJapaneseRussianSpanishYiddish

ARSIP DOKUMEN

Terbaru
Laporan Tahunan/Akuntabilitas
  • LKjIP PTA KENDARI TAHUN 2015
    Secara umum dapat disimpulkan bahwa dari enam sasaran strategis yang ditetapkan dalam Penetapan/Perjanjian Kinerja Tahun 2015,…
  • LAPORAN TAHUNAN TAHUN 2015
    Penyusunan Buku Laporan Tahunan 2015 ini disusun berdasarkan Surat dari Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor 525-1/SEK/KU.01/XII/2015…
  • LAKIP PTA Kendari Tahun 2014
    Laporan Akuntablitas Kinerja Instansi Pemerintah satuan kerja Pengadilan Tinggi Agama Kendari Tahun Anggaran 2014
  • Laporan Tahunan PTA Kendari TA 2014
    Laporan Pelaksanaan Tugas Pokok dan Fungsi Pengadilan Tinggi Agama Kendari dalam kurun waktu tahun 2014, baik…
  • LAKIP PTA Kendari TA 2013
    Laporan Akuntablitas Kinerja Instansi Pemerintah satuan kerja Pengadilan Tinggi Agama Kendari Tahun Anggaran 2013
Laporan Keuangan
Laporan Inventaris/BMN
Laporan Kepegawaian
Laporan Perkara
E-book

:: DETAIL

WKPTA SULAWESI TENGGARA TUTUP BEDAH BERKAS YANG DIGELAR PA KOLAKA

WKPTA Sulawesi Tenggara H. Cholidul Azhar, SH., M.Hum. tampil di podium menutup acara Bedah Berkas yang digelar empat Pengadilan Agama wilayah daratan lingkup PTA Sultra (27/3/18)

 

Kolaka – Empat Pengadilan Agama wilayah daratan lingkup PTA Sulawesi Tenggara menggelar Bedah Berkas di Pengadilan Agama Kolaka. Bedah berkas digelar dua sesi. Sesi pertama digelar Senin (26/3/18), pukul 22.15 hingga 00.15 WITA. Sedangkan Sesi kedua digelar Selasa (27/3/18), pukul 09.30 hingga 12.15 WITA.

 

Pada sesi pertama, Tim Pengadilan Agama Andoolo menyampaikan kajian terhadap Berkas Perkara milik Pengadilan Agama Kolaka. Kajian dilakukan terhadap pelaksanaan hukum materiil dan hukum acara yang tergambar dari Berita Acara Sidang dan Putusan.

 

Narasumber pada Sesi pertama adalah Hakim Tinggi PTA Sultra Drs. H. Muhammad Hasbi, MH. Sedangkan WKPTA Sultra H. Cholidul Azhar, SH., M.Hum. bertindak selaku Narasumber pendamping pada sesi tersebut. Moderator pada sesi ini adalah Drs. Muslim, MH.

 

Sesi pertama berlangsung menarik. Usai PA Andoolo menyampaikan kajiannya, Dua Tim Pengadilan Agama yakni, Tim PA Kendari dan Tim PA Unaaha pun diberi kesempatan untuk menyampaikan pendapatnya atas berkas PA Kolaka tersebut secara bergantian. Tim PA Kolaka kemudian memberikan pendapatnya sendiri atas penilaian – penilaian Tim Pengadilan Agama lainnya.

 

Sementara itu, pada Sesi kedua, Muammar HAT tampil sebagai moderator dengan narasumber Hakim Tinggi PTA Sultra Drs. H. Nuzul, MH. pada sesi ini, KPTA Sultra dan WKPTA Sultra bertindak sebagai narasumber pendamping.

 

KPTA Sultra Dr. H. Muslimin Simar, SH., MH. saat memberikan ulasan pada acara Bedah Berkas yang digelar empat Pengadilan Agama wilayah daratan lingkup PTA Sultra (27/3/18)

 

Di Sesi Kedua, Tim PA Unaaha bertugas untuk menyampaikan kajiannya terhadap Berkas Perkara milik Pengadilan Agama Kendari. Sementara dua Tim PA lainnya berkesempatan untuk menyampaikan hal yang sama dengan Tim PA Unaaha.

 

Ditengah Bedah Berkas Sesi kedua, KPTA Sultra Dr. H. Muslimin Simar, SH., MH. mengungkapkan bahwa bedah berkas merupakan pintu masuk untuk belajar kembali tentang praktek penerapan hukum materiil dan hukum acara pada pengadilan agama.

 

KPTA Sultra memberikan catatan tersendiri atas Berkas Perkara yang dikaji bersama pada dua sesi tersebut. Ia menekankan perlunya hakim untuk selalu menerapkan dan memaksimalkan mediasi pada seluruh perkara yang ditangani oleh seluruh Pengadilan Agama di wilayahnya sesuai amanat PERMA Nomor 1 Tahun 2016.

 

Saat mewakili KPTA Sultra menutup acara bedah berkas, WKPTA Sultra mengharapkan agar seluruh Hakim dan tenaga teknis yudisial lainnya menjadi lebih cermat dalam menyelesaikan perkara.

 

Untuk itu, saya berharap agar hakim terus belajar agar lebih cermat dalam menyelesaikan perkara. Jika hakim tidak cermat dalam menyelesaikan perkara, maka ia dapat dicap unprofessional conduct. Tidak mempunyai kemampuan dalam memutus perkara”, terangnya.

 

Ia berpesan agar seluruh peserta bedah berkas selalu memperbaharui pengetahuan hukumnya agar dapat memberikan penyelesaian perkara yang memuaskan kedua belah pihak.

 

Atas nama pimpinan, hakim tinggi dan pegawai PTA Sulawesi Tenggara, WKPTA mengapresiasi jajaran Pengadilan Agama Kolaka yang bersedia menyelenggarakan acara diskusi hukum dan bedah berkas. Ia mengucapkan terima kasih atas kerja kerja yang dilakukan oleh Ketua PA Kolaka dan jajarannya. (t.rom)

Data yang disajikan disini adalah data dari Sistem Informasi Administrasi Perkara Pengadilan Agama pada portal http://infoperkara.badilag.net


Putusan Banding

Putusan Banding Tahun 2015

Putusan yang dipublikasi pada website ini adalah putusan yang telah melalui proses anonimasi (pengaburan) identitas para…

Putusan Banding Tahun 2014

Putusan Banding Tahun 2013

Putusan Banding Tahun 2012

Putusan Banding Tahun 2011

 

Laporan Perkara

LAPORAN KEADAAN PERKARA BULAN JULI TAHUN 2015

Surat Ketua  Pengadilan Tinggi Agama Kendari Nomor : W21-A/645/OT.01.2/VII/2015 Tanggal 31 Juli 2015 Tentang Laporan Keadaan…

Laporan Perkara Tahun 2015

Perkara Banding yang ditangani Tahun 2014

Keadaan Perkara Tingkat Pertama Pada Pengadilan Agama…

Keadaan Perkara Tingkat Pertama Pada Pengadilan Agama…

 

Kepegawaian

Data Statistik Sumber Daya Manusia Tahun 2014

SUMBER DAYA MANUSIA Sumber Daya Manusia yang efektif dan efisien merupakan aset berharga bagi institusi, sebagai…

Data Statistik Kepegawaian Tahun 2013

Data Statistik Kepegawaian Tahun 2012

Data Statistik Kepegawaian Tahun 2011

Data Statistik Kepegawaian Tahun 2010

 
 

Aset Pengadilan

Penatausahaan Sarana dan Prasarana Kantor tahun 2013

Penatausahaan Sarana dan Prasarana Kantor Kegiatan penatausahaan sarana dan prasarana kantor di Pengadilan Tinggi Agama Kendari,…

Rekapitulasi Aset / Inventaris se-wilayah PTA Kendari…

Pengelolaan Sarana dan Prasarana Tahun 2011

Pengelolaan Sarana dan Prasarana Tahun 2010

Rekapitulasi Aset / Inventaris se-wilayah PTA Kendari…

 

DIPA / APBN

 

Realisasi Anggaran

 
Powered by yudhi.tc@gmail.com @2013
Render time: 0.0906 Memory: 5.97MB
| Hari ini : 2,760 Bulan ini : 56,463 Tahun ini : 663,535 Total 6,557,944 Hit Kunjungan    RSS | Site Map | Facebook | Admin