PELAKSANAAN UPACARA HUT MAHKAMAH AGUNG RI DENGAN 3 BADAN PERADILAN AGAMA DI WILAYAH SULTRA

19 Agustus 2023 Berita 2872

KENDARI, 19 Agustus 2023 - Hari Ulang Tahun ke-78 Mahkamah Agung Republik Indonesia dipusatkan di kantor Pengadilan Tinggi Sulawesi Tenggara dengan penuh semangat dan meriah. Upacara yang bertujuan untuk meneguhkan integritas menuju peradilan yang agung ini dihadiri oleh 3 badan peradilan yang ada di Sulawesi Tenggara, minus peradilan militer. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Ketua Pengadilan Tinggi Sulawesi Tenggara Dr. Ridwan Ramli, S.H., M.H.

Dalam sambutannya, Ketua Mahkamah Agung Indonesia yang dibacakan Ketua Pengadilan Tinggi Sulawesi Tenggara tersebut berfokus pada upaya Mahkamah Agung untuk meningkatkan integritas peradilan demi mewujudkan lembaga peradilan yang agung. Beliau menjelaskan bahwa Mahkamah Agung telah mengambil langkah konkret dalam membangun kembali kepercayaan publik terhadap peradilan.

Diantaranya meluncurkan berbagai aplikasi smart majelis, court Live Streaming yang memungkinkan publik untuk mengakses proses persidangan secara online. Selain itu, aplikasi One Finger (Satu Jari) di Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum (Badilum) untuk pemantaun kinerja pengadilan diseluruh Indonesia, Lentera versi 2.0 dan iPlans.

 Dalam pidatonya, Ketua Mahkamah Agung juga menegaskan komitmen untuk terus meningkatkan sistem pengawasan dan pembinaan, demi menjaga integritas dan profesionalisme dalam menjalankan tugas pelayanan kepada para pencari keadilan. Pesan-pesan ini menjadi landasan bagi seluruh badan peradilan dalam menjalankan tugasnya yang penuh tanggung jawab.