TIM PTA SULTRA MELAKUKAN OBSERVASI ASSESMENT SURVEILANCE APM TERHADAP PENGADILAN AGAMA RAHA

05 November 2020 Berita 1402
Panitera PTA Sulawesi Tenggara (kiri) dan Kabag. Umum dan Keuangan (kanan) bersama dengan pimpinan PA Raha memimpin evaluasi implementasi penjaminan mutu di PA Raha (20/10/2020) Panitera PTA Sulawesi Tenggara (kiri) dan Kabag. Umum dan Keuangan (kanan) bersama dengan pimpinan PA Raha memimpin evaluasi implementasi penjaminan mutu di PA Raha (20/10/2020) IT PA Raha

Raha, Senin (20/10/2020) Tim Assesor PTA Sulawesi Tenggara yang dipimpin oleh Hj. Kudesia, S.H. Selaku Ketua Tim Assesor PTA Sulawesi Tenggara, didampingi Drs. Azil Makatita (Panitera PTA Sultra), dan Hj. Suhartina, S.H., M.H. (Panitera Muda Hukum PTA Sultra).

 

Observasi dan wawancara dilaksanakan berdasarkan surat Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Nomor 3229/DJA/HM.00/9/2020 Tanggal 3 September 2020.

 

Ketua dan Anggota Tim Assesor PTA Sulawesi Tenggara melakukan assessment pada surveillance yang ketiga ini melakukan observasi terhadap kelengkapan dokumen APM tahun 2020 yang meliputi Dokumen Kontrak Kinerja tahun 2019, dokumen master, dokumen keberlanjutan yang meliputi evaluasi sasaran mutu, risk register, dokumen hasil Survey Kepuasan Masyarakat, dan dokumen eviden, dokumen sarana prasaran dan hasil assessment internal dan tindak lanjut perbaikan yang telah dilakukan rapat tinjauan manajemen oleh Tim APM Pengadilan Agama Raha tahun berjalan serta Asessor internal.

 

Selanjutnya Assesor juga melakukan penilaian Implementasi Akreditasi Penjaminan Mutu di Pengadilan Agama Raha, dengan meninjau dan memeriksa seluruh ruangan terutama ruangan pelayanan publik mulai dari  ruang PTSP, ruang tunggu Sidang, ruang sidang, ruang bermain anak, ruang laktasi, ruang kesehatan, ruang mediasi, mushola hingga ruang arsip, pojok e-court  serta ruang/ toilet para pihak dan toilet pegawai serta wawancara dengan pihak berperkara.

 

Dalam evaluasi implementasi penjaminan mutu Ketua dan Anggota Tim Assesor PTA Sulawesi Tenggara menitikberatkan pada Kebersihan, Keindahan dan Ketertiban pada ruangan dan penerapan budaya kerja 5 S dan 5 RIN pada bagian pelayanan serta aparatur peradilan dalam tugas sehari-hari, kedisiplinan, absensi kehadiran dan ketepatan penyelesaian perkara one day minut serta one day publish, sebagai bentuk keberlanjutan implementasi dari Akreditasi Lembaga Peradilan, yang mengedepankan pelayan prima, serta pengecekan decorum ruang sidang apakah telah sesuai standar atau belum dan penerapan 11 aplikasi unggulan Ditjen Badilag, bahkan sempat berwawancara dengan beberapa para pihak yang berperkara di PA. Raha.

 

Ketua Tim Asessor PTA Sulawesi Tenggara melakukan serah terima berita acara dengan Ketua PA Raha (20/10/2020)

 

Secara umum Tim Assesor PTA Sulawesi Tenggara memberikan apresiasi terhadap kinerja Aparatur Peradilan Agama Raha yang telah sesuai standar, baik pelayanan, sarana dan prasarana serta kekompakan seluruh pegawainya, selain itu beliau berharap agar capaian-capaian yang telah diperoleh ini dapat dipertahankan dan terus ditinggatkan kedepannya, sehingga Pengadilan Agama Raha ini dapat melayani masyarakat dengan professional, Adil, Smart dan Sinergis, sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dan semoga Pengadilan Agama Raha tetap berhasil mempertahankan predikat A Excelent.

 

Kegiatan digelar dimulai tanggal 19 – 20 Oktober 2020 di Pengadilan Agama Raha Kabupaten Muna Provinsi Sulawesi Tenggara. (IT PTA SULTRA)

Muhammad Kumar Mubarak, S.Sos.

Analis Kepegawaian Pertama Sub Bagian Kepegawaian Dan Teknologi Informasi Pengadilan Tinggi Agama Kendari