WISUDA PURNABHKATI KETUA PENGADILAN TINGGI AGAMA KENDARI OLEH KETUA MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA SECARA VIRTUAL

23 Juli 2020 Berita 939
Wakil Ketua PTA Kendari sebagai delegasi Ketua Mahkamah Agung RI memberikan plakat kepada Ketua PTA Kendari yang akan purna (23/7/2020) Wakil Ketua PTA Kendari sebagai delegasi Ketua Mahkamah Agung RI memberikan plakat kepada Ketua PTA Kendari yang akan purna (23/7/2020)

Kendari (23/7/2020) – Pada hari Kamis tanggal 23 Juli 2020 Pukul 10.00 WITA di Aula Pinisi Hotel Claro Kendari, Pengadilan Tinggi Agama Kendari mengadakan Prosesi Upacara Wisuda Purna Bakti Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kendari oleh Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia secara Virtual melalui Video Teleconference Zoom dan Live Streaming Youtube. Turut bergabung melalui video conference dalam prosesi Ketua Mahkamah Agung RI Dr. H.M Syariffudin, SH.,MH, Ketua Kamar Agama  Dr. H. Amran Suadi, SH., MH., MM., Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. diruang Ketua Mahkamah Agung RI, Jakarta, serta Para Ketua Pengadilan Tinggi Agama se-Indonesia Ruang Command Center Pengadilan  masing masing.

Prosesi wisuda diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung RI serta pembacaan Doa oleh Drs. H. Hasnawir Badru, M.H. Dilanjutkan Pembacaan SK dan Pembacaan Sekilas Riwayat Jabatan oleh pejabat kepegawaian PTA Kendari.

Perjalanan karir Bapak Drs. H. Muslimin Simar, S.H., M.H. dimulai pada tahun 1980, sebagai CPNS pada Pengadilan Agama Kolaka Kemudian diangkat menjadi Hakim Tingkat Pertama, Tahun 1982, pada Pengadilan Agama yang sama. Dua tahun kemudian, diangkat menjadi Penanggung Jawab Sementara, pada Pengadilan Agama Kolaka. Berselang 10 bulan beliau diamanahi menjadi Ketua Pengadilan Agama Kolaka.

Pada kurun waktu tahun 1984 sampai dengan tahun 1997, Beliau menjabat sebagai Ketua Pengadilan Agama Kolaka, Ketua Pengadilan Agama Sinjai, dan Ketua Pengadilan Agama Watampone. Selanjutnya, tahun 2002 sampai dengan tahun 2006, melanjutkan karir sebagai Hakim Tinggi, pada Pengadilan Tinggi Agama Kendari.

Karir beliau berlanjut sebagai Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jayapura, Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Samarinda, dan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo selama Tahun 2006 sampai dengan 2014, Berikutnya pada tahun 2014 sampai dengan 2016 beliau bertugas di Provinsi Sulawesi Utara sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama Manado.

Akhirnya, pengabdian Bapak Drs. H. Muslimin Simar, SH, MH berlanjut ke kota Lulo, Kendari, Beliau menjabat sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kendari sejak tanggal 24 Maret tahun 2016 sampai dengan purnabhakti pada tanggal 31 Juli tahun 2020.

Istri Wakil Ketua PTA Kendari sebagai delegasi Istri Ketua Mahkamah Agung RI memberikan Bunga kepada Istri Ketua PTA Kendari yang akan purna (23/7/2020)

Prosesi wisuda purnabakti Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kendari yang dilakukan secara daring, penanggalan kalung jabatan oleh Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung RI yang diganti dengan kalung bunga Melati, dan penyerahan plakat Mahkamah Agung yang pelaksanaannya didelegasikan kepada Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Kendari  “Bapak Drs. H. A. Muzakki, SH., M.H yang berada secara fisik di tempat prosesi.

Ketua Mahkamah Agung “Bapak H. M. Syarifuddin” dalam sambutannya mengatakan untuk yang ketiga kalinya, prosesi wisuda Purnabakti ketua pengadilan tingkat banding dilaksanakan secara daring melalui perangkat media virtual.Transformasi digital dalam kegiatan semacam ini penting dilakukan dalam rangka mematuhi dan menjalankan protokol pencegahan COVID-19, yang mana salah satu wujudnya adalah dengan melakukan pembatasan perjalanan dinas ke luar daerah demi menjaga keselamatan dan kesehatan bersama. "Saya berharap semoga kesakralan prosesi ini tidak berkurang sedikit pun, dan kita semua dapat mengikutinya secara khidmat," kata H. M. Syarifuddin

Lebih dari itu menurut H. M. Syarifuddin, seremoni ini bukan sekedar momen untuk mengakhiri masa bakti sebagai Ketua Pengadilan Tingkat Banding, namun lebih dari itu sebagai puncak keparipurnaan dalam mengemban amanah sebagai Hakim. "Hakim Tinggi dengan jabatan Ketua Pengadilan Tingkat Banding adalah karir tertinggi bagi seorang Hakim pada tingkat judex factie. Dan puncak karir itulah yang telah diraih oleh H. Muslimin Simar sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama Sulawesi Tenggara,"" tuturnya.

Ketua Mahkamah Agung RI (Tengah) memberi sambutan kepada Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kendari secara Virtual (23/7/2020) (foto : Dokinfo Badilag)

Muslimin Simar telah mendedikasikan lebih dari separuh usianya untuk lembaga peradilan. Perjalanan karir beliau selama empat puluh tahun berdinas, baik sebagai pegawai, hakim maupun pimpinan di wilayah timur Indonesia merupakan bukti pengabdian dan loyalitas yang tulus bagi bangsa dan negara. "Inilah prinsip yang sesungguhnya dipesankan kepada kita semua dalam bekerja sebagaimana juga perintah yang bisa kita temukan dalam AI-Qur'an Surah At-Taubah Ayat 105 yang artinya "Bekerjalah kamu maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mu'min akan melihat pekerjaan itu, dan kamu akan dikembalikan kepada Allah Yang Mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan," kata H. M. Syarifuddin

M. Syarifuddin berharap, keberhasilan yang telah ditunjukkan oleh H. Muslimin Simar, baik dari aspek kinerja, integritas, profesionalisme, maupun kepemimpinannya, kiranya dapat menjadi teladan bagi para hakim yang lain, terutama hakim pengadilan agama yang saat ini tengah diamanahi tugas memimpin satuan kerja pengadilan.

Diakhir sambutannya H. M. Syarifuddin mengucapkan terima kasih dan selamat memasuki purnabakti kepada. H. Muslimin Simar." Tiga puluh delapan tahun merupakan waktu yang cukup panjang dalam meniti karir sebagai hakim. Mulai hari ini tibalah saatnya keluarga besar menikmati kebersamaan bersama beliau. Untuk itu, atas nama pribadi maupun lembaga Mahkamah Agung, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan atas pengabdian yang cukup panjang dan memberikan andil atas kemajuan yang dicapai khususnya pada setiap tempat penugasan," pungkasnya.

Adapun hasil recording Upacara Wisuda Purnabakti pada link di bawah ini

Klik Disini

Muhammad Kumar Mubarak, S.Sos.

Analis Kepegawaian Pertama Sub Bagian Kepegawaian Dan Teknologi Informasi Pengadilan Tinggi Agama Kendari

Agenda PTA SULTRA

Sen Sel Rab Kam Jum Sab Min
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31

Statistik Pengunjung

Hari ini2403
Kemarin1679
Minggu ini10125
Bulan ini38197
Total80975

Info Pengunjung
  • IP: 34.200.218.187
  • Browser: Unknown
  • Browser Version:
  • Operating System: Unknown

Online
5
Online

14 Agustus 2020

Negara Pengunjung

Flag Counter

Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Tinggi Agama Sulawesi Tenggara Kota Kendari. Jam Pelayanan Senin-Kamis : 08.00-16.30 WITA, Jum'at : 08.00-17.00 WITA. Kami telah mendeklarasikan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. Jika menemukan suatu pelanggaran, silakan laporkan melalui layanan kontak yang tertera di website ini